Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kementerian Perdagangan

1
Dalam rangka peningkatan pelayanan publik pada Kementerian Perdagangan, sejak tanggal 9 April 2012 Unit Pelayanan Perdagangan (UPP) Kemendag memasuki era baru, yaitu menuju Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

PTSP Tahap I Kemendag merupakan komitmen pelayanan yang prima, dimana untuk jenis-jenis perijinan tertentu telah dapat diproses dan diterbitkan oleh UPP.

Adapun dasar dari pelaksanaan UPP menuju PTSP adalah dengan Permendag No. 18/M-DAG/PER/3/2012 tentang Pendelegasian Wewenang Penerbitan Perijinan Kepada Koordinator dan Pelaksana Unit Pelayanan Perdagangan, Permendag No. 32/M-DAG/PER/8/2010 tentang UPP sebagaimana telah diubah dengan Permendag No. 19/M-DAG/PER/3/2012, serta PerKa BAPPEBTI No. 91/BAPPEBTI/PER/3/2012 tentang Pendelegasian Wewenang Penerbitan Perizinan Tertentu di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi Kepada Unit Pelayanan Perdagangan.

Jenis-jenis perijinan di sektor Perdagangan Luar Negeri yang diproses hingga diterbitkan di UPP oleh Koordinator dan Pelaksana UPP pada PTSP Tahap I adalah sebagai berikut :

+ Lihat Selengkapnya
  •